Kamis, 18 Oktober 2012

Apa sih pentingnya Politik ??


Hai kawan, apasih yang bakal kamu bilang kalo denger kata "politik"?? Kamu tertarik ga sih sama yang namanya "politik"?? Tau ga sih, sebagian besar dari lingkungan kita, mahasiswa sekalipun, masih banyak yang bersikap apatis sama urusan politik, mereka bilang " politik itu rumit, kotor, kejam, banyak yang kuropsi, nepotisme, serakah,  masalah tanpa ujung, hipokrasi, dan bla bla bla...dan saya ga tertarik sama politik" Nah ini hanya sebuah opini saja, jangan pernah dianggap benar 100%..atau salah 100% juga,, karena pemikiran manusia beraneka ragam dan selalu ada perbedaan pendapat, tapi kita para pengkritis para pemikir punya hak untuk berpendapat, so, kenapa tidak? maka menulislah.

Nah kita tahu teman-teman, di bidang apapun, dimanapun, kapanpun, dengan siapapun, kita selalu berurusan politik (kecuali di AKHERAT). Mulai dari yang kecil aja,  Mau nyoblos kepala desa pun kita sudah berurusan dengan politik, bagaimana kita memilih kepala desa yang baik, yang sederhana, yang bisa mengemban amanah masyarakat desa, yang bisa memakmurkan desa dan lain sebagainya. Dan kalau kita salah memilih desa, kita juga harus bertanggungjawab karena kita sudah berpartisipasi memilih kepala desa tersebut, apalagi milih kepala desa tersebut karna suapan.


Nah gak terbayangkan kan, bagaimana kalau kita selalu salah dalam memilih pemimpin,, apa kita membiarkan seseorang yang (kurang baik) untuk terus menjadi pemimpin?? apa kita mau politik itu dipegang oleh orang-orang yang cenderung nepotisme, hipokrasi, bahkan yang meraja lela sekarnag adalah kasus suap dan korupsi. Apa kita mau seperti ini terus?? Orang-orang politik bisa dikatakan sebagai orang yang berkuasa di bidang tertentu/kedudukan tertentu, mereka punya kekuasaan dan kewenangan kawan,,mereka bisa melakukan apa saja kalo kita cuma nurut dan diem aja. Apa kita mau negara tanah air kita tenggelam terus dalam carut marutnya birokrasi??? Nah kawan, kita perlu  belajar mengenai politik kawan,, kita ini adalah para pemimpin masa depan, kita harus tau bagaimana cara berpolitik yang punya estetika, santun, bermoral, yang jujur, dan yang bersih. Kalo bukan kita siapa lagi?? mari bangun para pemuda yang berkarakter, bagaimana membangun strategi politik benar-benar bersih. Kemungkinannya memang rendah karna untuk menuju kesana kita diibaratkan harus melewati hutan yang belantara, berenang di laut menemui ombak besar, mendaki gunung yang curam..dan masih banyak lagi tantangan. Tapi kawan, apa salahnya mencoba??? sekali lagi, siapa lagi yang akan berjuang kalo bukan kita?? siapa yang akan berjuang untuk negara kita?? pemegang masa depan bangsa adalah para pemuda, semua itu adalah tantangan *Renungkan..
Dan siapasih yang ga pengen menduduki sebagai pejabat tinggi?? Pengusaha??  atau bahkan Presiden, Ga ada yang nglarang kita kok untuk bermimpi! Tapi ingat kawan, untuk menuju semua kedudukaan tersebut kita butuh sekali banyak bekal dari sekarang, kita akan menemui banyak sekali tantangan,akan menemui banyak sekali orang yang pemikirannya beraneka ragam, terutama dalam berpolitik, politik itu seperti bermain seni, siapa yang paling kreatif dia yang menang, dalam tanda kutip kreatif dalam berstrategi. Hanya Menguasai ilmu bidang kita tidak cukup kawan, bidang-bidang kita akan selalu bersinergis dan mempunyai korelasi banyak dengan politik dan sosial.Seperti yang dikatakan oleh Dosen saya, "Ketika mereka menduduki pada jabatan tertentu, mereka itu selalu mendapat dan mengalami tekanan politik" Nah bisa disimpulkan sendiri, jika mereka kalah dan tidak punya ketegasan, maka kebijakan dan kewenangan yang diambil akan ada yang melenceng dari ilmu pengetahuan dan kebenaran.Maka dari itu ciptakan diri kita yang tahan dari tekanan yang mendorong kita untuk berbuat yang tidak baik. 
Masih sangat panjang kalo berbicara politik itu, karena politik itu memang RUMIT, beraneka ragamnya pemikiran manusia itu yang membuat rumit, tapi bukankah keanekaragaman dan perbedaan itu indah?? itu hanya soal keadaan dan konteks. Kita memang diciptakan dengan banyak perbedaan, tapi kita tetap sama-sama manusia yang mempunyai kelebihan dan kekurangan dan tidak ada manusia sempurna #itulah kata-kata yang sangat sering sekali saya baca saya dengar ( hampir bosan). Kawan, marilah kita perduli, jangan biarkan masa depan negara kita seperti ini, dianggap rendah oleh negara2 lain, Belum lagi urusan potensi sumberdaya alam kita, ironis sekali #Renungkan..

Sekali lagi kawan, saya hanya orang yang baru belajar menulis, jika ada kata-kata atau kosakata yang belum tersusun dengan baik mohon dimaklumi (itu sih kalo ada yang baca) Dan saya tahu, ini hanya sekedar tulisan dan opini saja yang harapannya mampu menggugah teman-teman untuk tidak apatis dan lebih perduli lagi dengan politik, karena sekali lagi, Politik itu penting kawan! bisa dibilang saya disini hanya menulis tanpa aksi, nonsen, tapi saya cukup suka mengamati.. #semoga bermanfaat..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar